About

Perbedaan HDD dan SSD : Mana yang Lebih Baik ?



MerakitPC.com - Kalian pasti sudah pernah mendengar HDD dan SSD. Kedua komponen komputer ini termasuk bagian inti komputer karena sangat penting. HDD dan SSD merupakan Drive atau Penyimpanan yang terdapat di dalam sebuah komputer. Walaupun terdengar sama kedua drive ini memiliki perbedaan yang cukup besar. 
Pada artikel ini saya akan menjelaskan apa perbedaan dari kedua benda ini.

Perbedaan SSD dan HDD
Dalam segi bentuk, SSD adalah penyimpanan flash dan tidak memiliki bagian yang bergerak apa pun. Oleh karena itu, SSD lebih kecil dan memakan lebih sedikit ruang di casing PC, dalam beberapa kasus bahkan dipasang langsung ke motherboard. Sehingga dapat disimpulkan bahwa SSD jauh oebih cepat daripada HDD.

Penyimpanan HDD terdiri dari pita magnetik dan memiliki bagian mekanis di dalamnya. Mereka lebih besar dari SSD dan jauh lebih lambat untuk membaca dan menulis atau memproses sebuah tugas di dalam komputer.

Kelebihan dan Kekurangan HDD

HDD direkomendasikan untuk penyimpanan massal atau menyimpan data yang cukup besar. HDD lebih murah daripada SSD dan tersedia dalam beberapa ukuran yang cukup besar. Apakah kalian menyimpan banyak game sehingga membutuhkan penyimpanan yang besar ? HDD solusinya, kalian bisa mendapatkan satu atau lebih drive berukuran lebih dari 1TB dengan biaya yang lebih murah dari harga SSD.

Casing PC biasanya memiliki ruang untuk lebih dari satu drive, yang berarti Anda dapat menumpuk penyimpanan massal sebanyak yang Anda bisa simpan, dan anggaran Anda akan memungkinkan.

Harga per gigabyte masih jauh lebih murah daripada SSD, dan drive berkapasitas besar tidak akan menghabiskan semua uang Anda. Namun akan lebih efisien menggunakan SSD untuk mem-boot Windows dan lebih baik menggunakan HDD untuk menyimpan data yang besar.

Kelebihan dan Kekurangan SSD

Jika berencana merakit PC untuk tujuan apa pun, kaloan pasti menginginkan kecepatan. Jika kalian hanya memiliki penyimpanan HDD di mesin Anda, maka kecepatan komputer anda akan sedikit lambat. Tanpa SSD Windows akan lebih lama saat proses Booting, aplikasi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses, dan membuka dan menyimpan file akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Oleh karena itu SSD sangat berguna dalam keadaan seperti ini. SSD akan membantu proses booting dan proses dalam komputer menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD.
Beberapa laptop memiliki SSD yang cukup untuk mempercepat proses bootingnya. Namun SSD memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan HDD. Bahkan harga SSD dengan kapasitas 240GB sedikit lebih mahal daripada harga HDD berkapasitas 1TB. 

Saran
Bila kalian membutuhkan pendukung kecepatan komputer dan kapasitas penyimpanan secara bersamaan gunakan saja keduanya. Jika kalian hanya memiliki budget minim saya rekomendasikan menggunakan SSD 240GB dan HDD 1TB. Menurut saya SSD 240GB sudah lumayan cepat untuk sebuah komputer.

Cukup sekian artikel saya kali ini, semoga bisa membantu teman-teman sekalian. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan HDD dan SSD : Mana yang Lebih Baik ?"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel