Perbedaan Headset, Earphone dan Headphone

MerakitPC - Halo teman-teman sekalian, postingan ini adalah artikel pertama saya di blog MerakitPC. 
Di artikel ini saya akan membahas perbedaan Headset, Earphone dan Headphone. Mungkin terdengar sepele namun pasti di antara kalian sering salah sebut dari ketiga benda ini. Aksesoris elektronik ini memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk mendengar audio dari laptop, komputer dan laptop.
Mari kita bahas perbedaannya supaya kamu tidak salah sebut lagi.

1. Headset
Headset adalah aksesoris elektronik yang digunakan untuk mendengarkan audio dan berkomunikasi. Headset memiliki mikrofon sehingga kita bisa mengirim audio untuk berkomunikasi. 
Di kalangan remaja Headset sering disalah artikan sebagai Earphone. Padahal dari segi ukuran Headset dan Earphone sudah jelas berbeda, karena Headset memiliki ukuran yang besar dan lebih nyaman di telinga.
Headset semakin berkembang di jaman teknologi yang semakin maju ini. Tidak hanya untuk berkomunikasi, Headset kini digunakan sering digunakan untuk bermain game. Lahirlah istilah Headset Gaming atau Headset yang dikhususkan untuk bermain game.


2. Headphone


Mirip dengan Headset, Headphone memiliki bentuk yang hampir sama dengan Headset. Perbedaannya terletak di mikrofon. Headset memiliki mikrofon dan Headphone tidak memiliki mikrofon.
Headphone hanya bisa digunakan untuk mendengarkan audio saja.
 Headphone biasanya digunakan untuk mendengar musik dan menonton film. Headphone memiliki kegunaan yang sangat mirip dengan Earphone yaitu biasa digunakan untuk mendengar musik.
Kelebihan Headphone dari Earphone adalah Headphone lebih nyaman digunakan di telinga karena memiliki pelindung di sekitar speaker. Namun kekurangannya ada di ukuran Headphone. Headphone jauh lebih besar dari Earphone jadi lebih sulit untuk dibawa.


3. Earphone
Earphone yang sering disalah artikan sebagai Headset memiliki kegunaan yang sangat mirip satu sama lain. Earphone juga biasa digunakan untuk berkomunikasi, mendengar musik, menonton film, dan bahkan bermain game.

Tidak jarang earphone digunakan untuk bermain game karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa. Earphone memiliki mikrofon sama halnya dengan Headset. Oleh karena itu Earphone lebih fleksibel untuk bermain game khususnya game smartphone.

Menurut teman-teman yang mana nih yang biasa kalian gunakan sehari-hari?
Ketiga aksesoris elektronik ini memang sangat membantu kita. Semoga teman-teman tidak salah mengartikan ketiga benda ini lagi ya.
Cukup sekian artikel mengenai perbedaan Headset, Headphone dan Earphone.

Posting Komentar