About

Cara Mengatasi Overheat Pada PC



Pernakah kalian menyadari penggunaan komputer berlebih atau bahkan penggunaan 24jam nonstop dapat merusak komputer ? Masalah yang biasa dihadapi saat penggunaan komputer berlebih adalah Overheat.
Overheat adalah masalah yang terjadi akibat kelebihan suhu pada bagian CPU. Biasanya Overheat terjadi akibat kerusakan sistem pending atau kipas dan pc yang berdebu.


Cara Mengukur Suhu PC

Tindakan yang harus kalian lakukan saat terjadi overheat adalah mengecek seberapa panas suhu PC kalian. Hal ini bisa dilakukan menggunakan tools HWMonitor. Tools HWMonitor bertujuan untuk mengukur seberapa panas CPU dan GPU pada PC kalian.

Jika mencapai suhu di atas 60 ° C , kalian harus berhati-hati terjadinya Overheat yang dapat merusak PC kalian. Mulailah mengatasinya dengan solusi-solusi di bawah ini.


1. Membersihkan Cooling Sytem

Cooling system atau sistem pendingin adalah komponen komputer yang bertujuan mendinginkan PC. Saat disarankan untuk mengecek sistem pendingin pada pc karena penyebab utama Overheat adalah masalah di sistem pendingin.

Periksa apakah kipas berfungsi atau tidak. Jika kipas PC Anda tidak berfungsi dengan baik atau karena alasan tertentu tidak dapat mengalirkan udara, hasilnya adalah PC yang terlalu panas. Dalam kasus seperti itu, Anda harus memperbaikinya atau bahkan harus menggantinya.

Saat komputer dihidupkan biasanya disaat bersamaan kipas pada pc anda akan bersuara. Perhatikan bagaimana suara kipas pc kalian, apakah berbunyi, suaranya kurang kuat dari sebelumnya, atau bahkan tidak berbunyi sama sekali. Bila berbunyi kurang kuat cobalab bersihkan kipasnya dari debu karena bisa saja debu yang menempel mengganggu kinerja kipas pc anda. Bila tidak bisa diperbaiki atau kipas PC anda tidak berbunyi sama sekali, cobalah beli cooling system yang baru. 


2. Letakan PC Di Dekat Ventilasi 

Kalian tidak boleh meletakkan PC di atas tempat tidur, selimut, atau permukaan lembut lainnya. Permukaan yang lembut dan tidak rata menghalangi aliran udara dari ventilasi, akibatnya menghangatkan PC (terutama jika terletak di bawah PC). Sebaliknya, selalu letakkan PC di atas permukaan yang keras, sebaiknya meja kayu atau baki laptop, agar area ventilasi tidak pernah terhalang. 


3. Bersihkan PC 

Apabila PC jarang dibersihkan bisa menyebabkan banyak kotoran atau debu menyangkut di dalam PC. Tidak semua debu bisa dibersihkan oleh Cooling system. Jadi kalian harus membersihkan PC kalian secara rutin. Beberapa cara ini adalah untuk membersihkan PC kalian sendiri tanpa membawanya ke ahli teknisi.

*. Pertama, matikan PC sepenuhnya dan cabut kabelnya.

*. Kedua, buka penutupnya dan Anda akan melihat debu yang terlihat. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan udara bertekanan atau kalian bisa menggunakan kipas (dengan kecepatan lambat). Tiup komponen PC utama dengan udara, terutama kipas, dari sisi depan dan belakang.

*. Anda juga bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan ruang sempit. Namun, jangan khawatir jika Anda tidak bisa membersihkannya dengan gemerlap, karena kalian hanya perlu menyingkirkan penyumbatan yang disebabkan oleh debu.

Cara ini terbukti mampu mengatadi overheat pada PC. Terlebih lagi bila kalian mebersihkannya secara rutin. Sangat disarankan menggunkan kipas bertekanan rendah untuk menyingkirkan debu dan kotoran di dalam PC.


4. Mengecek komponen PC lainnya

Penyebab Overheat tidsk hanya disebabkan oleh masalah sistem pendingin dan debu di dalam PC. Bila kalian merasa sistem pendingin tidak ada masalah dan tidak ada debu di dalam PC, bisa saja karena komponen PC lainnya menghasilkan panas yang tidak dapat ditangani oleh kipas.

Terutama jika PC sudah lama, ada kemungkinan PC tersebut menghasilkan lebih banyak panas dibandingkan saat masih baru. Jadi jika Anda memiliki PC lama, maka itu mungkin kesalahan komponen, bukan sistem pendinginnya. Oleh karena itu cobalah menghentikan Overclocking dan mengecek komponen PC kalian satu-persatu. Apabila ada komponen yang bermasalah cobalah menggantinya dengan yang baru.


5. Menghentikan Overclocking

Melakukan overclock pada CPU dan GPU Anda adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan kinerja PC Anda. Jika kalian telah melakukan overclock pada PC kalian, kemungkinan besar kalian sudah mengetahui bahwa itu juga dapat menghasilkan lebih banyak panas, karena CPU dan GPU Anda harus bekerja lebih keras untuk memberi Anda kecepatan yang tidak dimaksudkan untuk disediakan.

Untuk menghentikan PC agar tidak terlalu panas, Anda harus memutar kembali ke kecepatan aslinya. Lebih baik menyimpan komponen PC, daripada mendapatkan peningkatan kecepatan sementara.


6. Mempercepat Kipas

Selain membersihkan kalian juga perlu untuk mempercepat sistem pendingin lebih dari biasanya. Anda dapat menggunakan program SpeedFan gratis untuk memantau dan mengontrol kecepatan kipas PC Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol kecepatan kipas PC Anda secara manual atau dengan menggunakan preset tertentu. Anda juga dapat mengizinkannya untuk mengatur kecepatan kipas secara otomatis sesuai dengan suhu PC Anda saat ini.

Sayangnya, ini tidak berfungsi untuk semua PC. Beberapa motherboard tidak mengizinkan kontrol atas kecepatan kipas, jadi ada kemungkinan opsi ini tidak berhasil untuk Anda. Jika Anda masih tertarik untuk mengontrol kecepatan kipas PC Anda, Anda dapat menggunakan pengontrol kipas eksternal, seperti yang ditawarkan oleh Zalman ini. Anda dapat memasang pengontrol ke PC Anda dan ini akan memungkinkan Anda untuk mengontrol kecepatan kipas secara manual (tidak diperlukan perangkat lunak).


7. Kurangi Penggunaan Berlebih

Kurangi tekanan pada PC Anda
Jika Anda memberi lebih banyak tekanan pada PC Anda daripada yang bisa ditangani, itu bisa menjadi penyebab PC memanas. Jangan terus-menerus menggunakan PC Anda untuk bermain game berat, terutama yang bahkan tidak dapat ditangani oleh sumber daya PC Anda. Jika game atau perangkat lunak yang Anda gunakan mengalami kelambatan atau penurunan kecepatan, ini berarti itu tidak dimaksudkan untuk PC Anda dan Anda hanya menekan PC Anda.

Hanya gunakan program yang sesuai dengan PC kalian, dan jangan gunakan program secara terus menerus yang menghabiskan lebih dari 90% daya CPU Anda. 

Demikian artikel Cara mengatasi Overheat pada PC. Semoga dapat membantu kalian dalam mengatasu Overheat pada pc kalian. Sebaiknya kalian berhati-hati dalam penggunaan PC yang berlebih karena bisa saja menyebabkan kerusakan permanen.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Overheat Pada PC"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel