Program C++ Mencari KPK Dari Dua Bilangan

Program C++ Mencari KPK Dari Dua Bilangan - www.merakitpc.com
Halo teman-teman sekalian, kembali lagi dengan saya admin blog MerakitPC. Setelah sebelumnya saya memposting artikel Program C++ Menentukan Bilangan Prima. Saya kembali lagi untuk memberikan sebuah artikel berjudul Program C++ Mencari KPK Dari Dua Bilangan. 
Di artikel ini saya akan memberikan 1 jenis contoh program untuk menentukan kpk dari dua bilangan, yaitu Tanpa Subproses. Sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu apa itu KPK.
KPK merupakan singkatan dari kelipatan persekutuan terkecil. KPK merupakan angka atau bilangan yang dapat dihabis dibagi dengan angka pertama (a) dan juga habis dibagi dengan angka kedua (b). Untuk mencari nilai kpk dari suatu bilangan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu metode sederhana dan dengan metode pohon faktor. Pada artikel ini saya akan memberikan contoh mencari kpk dengan metode sederhana karena kode pemrograman C++ kita nantinya akan menggunakan metode tersebut.
Contoh terdapat 2 bilangan yaitu 12 dan 20. Kita hanya perlu menambahakan masing-masing angka tersebut dengan angka itu juga sampai kita menemukan suatu angka atau bilangan yang sama di kedua belah pihak.
12 = 12, 24, 36, 48, 60, 72
20 = 20, 40, 60, 80, 100
Dari data diatas kita dapat mengetahui kpk dari angka 12 dan 20 adalah 60. Oke teman-teman saya rasa cukup mudah dipahami ya apa itu kpk dan bagaimana mencarinya. Mari kita bahasa Program Sederhana Untuk Mencari KPK Dari Dua Bilangan.

Contoh Program C++ Mencari KPK Dari Dua Bilangan Tanpa Subproses

Dibawah ini adalah contoh program c++ sederhana mencari kpk dari dua bilangan tanpa subproses :


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
	int hasil;
	int input1, input2;
	cout << "Masukan angka pertama : ";
	cin >> input1;
	cout << "Masukan angka kedua : ";
	cin >> input2;
	hasil = input1;
	while(hasil%input2!=0){
		hasil = hasil + input1;
	}
	
	cout << "Kpk dari " << input1 << " dan " << input2 << " adalah " << hasil;
}

Setalah melihat kode di atas, apakah teman-teman sudah bisa membayangkan bagaimana cara kerjanya ? Dan bila kita jalankan dengan contoh angka 12 dan 20.

Contoh Program C++ Mencari KPK Dari Dua Bilangan Tanpa Subproses - www.merakitpc.com

Nilai KPK yang kita dapatkan setelah mencoba memasukkan angka 12 dan 20 adalah 60. Berarti contoh program di atas berhasil, silahkan coba-coba dengan nilai lainnya.
Gimana simpel bukan ? Mari kita bahas baris perbaris dari kodingan C++ di atas.
  • Pada baris ke-1 dan baris ke-2 merupakan header dari program, disini saya menggunakan header iostream, bila berbeda dengan header teman-teman silahkan disesuaikan, karena isi prosesnya akan sama namun berbeda di input dan output, karena iostream menggunakan cin dan cout.
  • Pada baris ke-4 sampai baris ke-17 merupakan main program.
  • Pada baris ke-5 kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama hasil dengan type data integer, variabel ini nantinya akan menampung hasil KPK dari dua bilangan.
  • Pada baris ke-6 kita mendeklarasikan dua variabel bernama input1 dan input2, variabel ini akan menampung inputan dari kedua bilangan yang ingin kita cari nilai kpknya.
  • Pada baris ke-7 sampai baris ke-10 kita menampilkan ke layar teks agar user memasukkan kedua bilangan.
  • Pada baris ke-11 kita assigment nilai awal dari variabel hasil sama dengan nilai input1, kenapa hanya dari variabel input1 ? Karena di program di atas kita menggunakan modulus untuk menyamakan kelipatan dengan variabel input2.
  • Pada baris ke-12 sampai baris ke-14 merupakan prose WHILE Loop sebagai pencari nilai kpk dari kedua bilangan tersebut, apabila nilai variabel hasil tidak habis bagi dengan variabel input2 maka While Loop akan terus diulangi sampai ketemu. Setiap perulangan yang tidak sesuai dengan syaratnya yaitu hasil%input2!=0 nilai dari variabel hasil akan ditambah atau diincrement dengan nilai variabel input1. Setelah ditemui bilangan yang habis dibagi input2, maka While Loop akan keluar dan menyimpan penjumlahan atau kelipatan di variabel hasil.
  • Pada baris ke-16 kita hanya perlu menampilkan outputnya dengan mudah ke layar user, karena nilai KPK nya sudah didapatkan dan disimpan di variabel hasil.

Semoga mudah dipahami ya teman-teman, kunci dari mahir pemrograman adalah coba-coba. Tidak masalah bila terjadi error dan gagal, bangkit dan ulangi prosesnya agar teman-teman semakin terbiasa ngoding. 
Demikianlah artikel saya kali ini, semoga teman-teman sekalian mudah memahaminya. Bila ada salah kata saya ucapkan maaf. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال