Tips Menghemat Kuota Internet

Halo teman-teman, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk menghemat kuota internet. Pada masa pandemi seperti sekarang ini bisa menjadi penyebab menurunnya penghasilan, hal ini dapat menjadi alasan bagi masyarakat menengah ke bawah untuk menghemat pengeluaran. Salah satunya adalah kuota internet. Di jaman yang serba online ini menjadikan masyarakat berketergantungan terhadap internet, seperti untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan mendapatkan hiburan. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk menghemat penggunaan kuota internet. Sebelum itu mari kita bahas apa yang dimaksud kuota internet.

Apa itu Kuota Internet ? 

Dalam menggunakan internet biasanya kita mendengar kata "Kuota Internet". Kuota Internet yang dimaksud adalah batasan penggunaan internet yang bisa kita akses selama waktu tertentu. Dengan diberikannya batasan, kuota internet akan semakin bernilai dan hal ini bertujan untuk membantu provider internet dalam menghubungkan internet ke kota-kota dan antar negara.


Cara Menghemat Kuota Internet


1. Gunakanlah Saat Dibutuhkan Saja

Cara pertama untuk menghemat kuota internet adalah dengan menggunakannya ketika dibutuhkan saja. Bila kalian ingin menghemat kuota internet hal pertama yang harus dilakukan adalah membatasi diri agar tidak ceroboh menggunakan kuota internet berlebihan. Batasilah penggunaan internet hanya untuk hal-hal penting seperti belajar dan berkomunikasi.

2. Jangan Digunakan Untuk Menonton Video

Mungkin teman-teman sekalian masih belum mengetahui membuka vido akan menghabiskan lebih banyak kuota internet daripada membuka foto dan teks di internet. Di internet banyak hal menarik dalam bentuk video seperti film, video singkat, video lucu, video berita dan lainnya. Sobat mungkin saja terlena-lena saat menonton video hingga lupa bahwa kuota internet yang kita gunakan ada batasannya. Jika memang harus menonton video, cobalah untuk menurunkan kualitas dari video tersebut untuk menghemat sedikit penggunaan kuota internet.

3. Beli Kuota Internet Khusus

Cara ketiga adalah cara terbaik untuk menghemat kuota internet. Caranya adalah membeli dan menggunakan kuota yang dikhususkan terlebih dahulu. Kuota spesial yang dimaksud adalah kuota akan digunakan atau dihabiskan terlebih dahulu saat membuka website atau aplikasi tertentu. Contoh kuota spesial adalah kuota Youtube, kuota Facebook, kuota belajar, kuota Instagram, kuota TikTok dan lainnya. Apabila kalian memang membutuhkan kuota internet untuk menonton video di YouTube, cobalah beli dan gunakan kuota YouTube karena harganya terbilang lebih murah dibandingkan dengan kuota biasa. Kalian tidak perlu takut kalau kuota biasa atau kuota utama kalian habis, karena bila kalian menggunakan kuota spesial dan menggunakannya dengan sesuai maka kuota spesiallah yang akan dihabiskan terlebih dahulu. Namun, syarat menggunakan kuota spesial adalah memiliki kuota utama atau kuota biasa.

4. Cari Dan Gunakan Free WiFi atau WiFi Gratis

Cara ini mungkin bisa jadi solusi bagi kalian yang membutuhkan kuota banyak dalam waktu yang singkat. Dengan menggunakan Free WiFi kalian tidak perlu takut akan kehabisan kuota internet kalian. Karena kuota internet penyeedia Free WiFi atau WiFi gratis tersebut. Biasanya Free WiFi bisa kita temui di sekolah, cafe, restoran, mall dan lain sebagainya. Keuntungan menggunakan Free WiFi adalah tidak adanya batasan bagi pengguna.

5. Main Game Offline

Memainkan game offline atau game yang tidak membutuhkan internet yang terhubung adalah solusi bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu bermain gadget tanpa menghabiskan kuota internet. Cara ini cukup mudah dilakukan karena bisa membuat kita melupakan hal-hal yang biasa kita kunjungi di internet. Banyak game offline yang bisa kita dapatkan secara gratis di Play Store dan juga di website lainnya.

Baiklah teman-teman sekalian, itulah beberapa tips atau cara yang dapat saya sampaikan. Semoga cara tersebut dapat berguna bagi teman-teman yang ingin menghemat penggunaan kuota di masa pandemi seperti ini.
Demikianlah artikel yang dapat saya sampaikan bila ada salah kata saya ucapkan maaf. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar