Perbedaan Pada Prosesor PC dan Laptop

 

Perbedaan Pada Prosesor PC dan Laptop - www.merakitpc.com



MerakitPC - Pernahkah sobat bertanya-tanya apakah perbedaan prosesor yang ada di pc dan yang ada di laptop ? Mungkin bila membadingkan prosesor pada hp atau gadget dengan prosesor pada pc sudah pasti berbeda. Namun, bagaimana dengan prosesor pc dan laptop ? Apakah kita bisa menggunakan prosesor pc di laptop atau sebaliknya ? Pada artikel ini kita akan membahas mengenai perbedaan penting antara prosesor pc dan prosesor laptop. Tujuan dari artikel ini agar pembaca dapat mengetahui apakah bisa prosesor pc digunakan pada laptop.

Processor atau Prosesor adalah komponen utama atau inti dari sebuah perangkat komputer. Prosesor berfungsi sebagai komponen yang merespons dan memproses kerja pada sebuah komputer. Komponen ini berfungsi sebagai penafsir hampir keseluruhan kerja atau proses di komputer. Hal ini membuat prosesor dianggap sebagi inti atau otak dari sebuah perangkat komputer.

Apa Perbedaan Prosesor PC dan Prosesor Laptop ?

Berikut ini adalah perbedaan prosesor pc dan prosesor laptop :
  • Prosesor pada pc lebih boros daya dan prosesor pada laptop lebih hemat daya. Namun, kinerja prosesor pc jauh lebih baik daripada prosesor laptop.
  • Prosesor pada pc lebih tahan panas sedangkan prosesor pada laptop tidak tahan panas, hal ini karena ruang sirkulasi udara pada laptop tidak lancar. Jadi, jangan terlalu lama menggunakan laptop karena bisa membahayakan kesehatan laptop.
  • Harga prosesor laptop cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga prosesor pc. Hal ini dikarenakan ukuran prosesor laptop lebih kecil, sehingga proses pembuatannya lebih sulit dan lebih rumit.
  • Upgrade atau mengganti prosesor PC jauh lebih mudah karena penempatannya jelas dan tidak harus membongkar motherboard dan melepas solder / in-built nya. Sedangkan pada prosesor laptop, jauh lebih sulit karena harus membongkar motherboardnya terlebih dahulu dan bila ternyata prosesor pada laptop tersebut terisolasi utuh, maka kita juga harus ikut mengganti atau mengupgrade motherboard pada laptop.
Dari beberapa perbedaan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa prosesor pc lebih murah dibandingkan prosesor laptop. Lalu, mengupgrade prosesor pc jauh lebih mudah dibandingkan mengupgrade prosesor laptop. Prosesor pc jauh lebih tahan panas daripada prosesor laptop, dengan demikian PC lebih tahan banting untuk pemakaian yang lama sedangkan Laptop tidak cocok untuk dipakai untuk waktu yang lama. 
Untuk mengupgrade prosesor pada laptop harus mempertimbangkan ukuran dan tipe pemasangannya. Kita dapat mengganti prosesor laptop bila ukuran socket pada prosesornya sama dan prosesor laptop tidak dipasang permanen. Kalau dipasang permanen berarti kita perlu mengganti motherboardnya juga, sehingga harga yang dibutuhkan akan jauh lebih mahal bila mengganti prosesor di pc.

Apakah Prosesor Laptop Bisa Di Pasang Di PC ?

Jawabannya adalah tidak. Karena perbedaan ukuran socket di prosesor pc dan prosesor laptop. Jadi, kita tidak dapat memasang prosesor laptop di pc dan kita juga tidak dapat memasang prosesor pc di laptop.

Kesimpulan

Dari beberapa perbedaan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa prosesor pc dan prosesor laptop sangatlah berbeda. Baik itu dari segi penggunaan daya, kinerja, daya tahan, harga dan juga ukuran dari prosesor pc dan prosesor laptop sangat berbeda.
Baiklah teman-teman, demikianlah artikel ini. Semoga teman-teman dapat membedakan kedua jenis prosesor ini dan terhindar dari kesalahan saat pembelian. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih.

1 komentar

  1. As many as 200,000 parts may be turned out on a set of cast metal dies, utilizing sheet molding compound , a composite sheet material made by sandwiching chopped fiberglass between two layers of thick resin paste. To type the sheet, the resin paste transfers from a metering system onto a transferring film service. Hookless Shower Curtains Chopped glass fibers drop onto the paste, and a second film service places another layer of resin on top of the glass. Rollers compact the sheet to saturate the glass with resin and squeeze out entrapped air. The resin paste initially is the consistency of molasses (20,000-40,000 cps); over the next three to five days, its viscosity increases and the sheet turns into leather-like , best for handling.
© MerakitPC. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld