Postingan

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati

 

Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang saat ini penggunaanya cukup banyak digunakan dalam mempermudah berbagai macam aktivitas. Berbagai macam fungsi yang dimiliki laptop banyak memudahkan banyak urusan seperti bekerja, sekolah, berdagang dan lainnya. Penggunaan laptop memang dinilai lebih efisien dan praktis yang dapat mempermudah urusan banyak orang.  Namun laptop juga menjadi salah satu perangkat elektronik yang terbilang lumayan riskan untuk mengalami kerusakan. Ada banyak jenis-jenis kerusakan atau masalah yang bisa terjadi pada laptop. Salah satu kerusakan yang paling sering ditemui adalah layar mati secara mendadak sekalipun mesin laptop masih menyala. Kerusakan tersebut biasa juga disebut dengan Black Screen.

Kondisi ini memang sering sekali membuat kepanikan tersendiri khususnya bagi Sebagian orang yang tidak tahu penyebabnya. Permasalahan ini bisa menjadi serius teruntuk kalian yang sangat bergantung kepada laptop dalam aktivitas pekerjaan ataupun mengerjakan tugas. Apabila kalian tengah menghadapi situasi tersebut diharapkan tidak perlu panik, sebab ada banyak cara mengatasi layar laptop yang error ini yang bisa kalian lakukan.

Memang banyak factor yang bisa menyebabkan kondisi laptop menjadi Black Screen. Nah di artikel ini kami akan membahas mulai dari factor-faktor yang bisa menyebabkan laptop menjadi Black Screen beserta solusi cara mengatasi layar laptop mati yang bisa kalian praktekkan. Namun sebelum membahas itu semua kalian juga perlu tahu sejarah mengenai laptop, tujuannya agar bisa menambah wawasan kalian khususnya bagi yang baru menggunakan laptop.

Faktor-faktor yang Menyebabkan Laptop Black Screen

Tentunya sebagai pengguna laptop, kalian juga harus memahami apa saja yang bisa menyebabkan laptop kalian bermasalah, terlebih dalam kasus layar laptop yang mati secara tiba-tiba. Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan kondisi tersebut bisa terjadi, berikut adalah uraiannya.

1.         Kerusakan pada hardware, yang dimaksud disini adalah display atau komponen di Motherboard penyebabnya pun bisa bermacam-macam entah karena overheat ataupun layar display tertekan sesuatu yang keras dan berat tanpa disadari

2.         VGA mengalami kerusakan, VGA merupakan perangkat yang berfungsi sebagai menerjemahkan tampilan gambar ke layar computer atau laptop. Jadi apabila VGA bermasalah maka bisa menyebabkan display pada laptop kalian tidak bisa menampilkan gambar apapun ketika dinyalakan atau Black Screen

3.         RAM pada Laptop bermasalah, bisa terjadi karena RAM lepas dari slot, posisi pemasangan RAM yang kurang pas, RAM kotor atau RAM tersebut rusak. Semua hal tersebut dapat mempengaruhi Booting dan Layar laptop mati.

4.         Kabel Flexi pada laptop bermasalah, seperti tidak pas atau bahkan putus hal ini pun dapat menyebabkan layar laptop menjadi Black Screen.

5.         BIOS pada laptop Corrupt, meskipun jarang ditemukan kasus lewat BIOS namun tidak menutup kemungkinan juga BIOS yang Corrupt bisa berpengaruh kepada layar laptop kalian.

Itulah beberapa factor yang umum bisa terjadi pada laptop kalian yang bisa menyebabkan layar mati atau Black Screen. Selanjutnya untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa solusi dan cara mengatasi layar laptop mati yang dapat membantu memudahkan kalian.

Cara Mengatasi Layar Laptop Yang Error

Restart ulang laptop

cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala tanpa bongkar yang pertama adalah dengan metode restart ulang laptop. Cara yang terlihat simple ini nyatanya banyak berhasil mengatasi layar laptop yang Black screen. Kalian hanya tinggal menekan tombol power laptop kalian dan tunggu sampai laptop booting Kembali.

Uninstall driver VGA lewat Safe Mode

cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala tanpa bongkar yang kedua adalah masuk ke safe mode untuk nantinya mengecek apakah driver VGA ataupun aplikasi lain yang menyebabkan laptop menjadi Black Screen. Namun untuk menjalankan metode yang satu ini kalian pastikan terlebih dahulu jika laptop kalian masih tetap menampilkan kursor meskipun layar dalam kondisi blank. cara mengatasi layar laptop yang error melalui safe mode ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki system windows yang mungkin error sehingga membuat layar pada laptop menjadi mati. Berikut adalah Langkah – langkahnya :

           Hidupkan terlebih dahulu laptop kalian

           Kemudian saat booting tekan tombol F8 berulang-ulang

           Kalian akan masuk ke Boot Option

           Lalu pilih safe Mode

           Tunggu sampai tampilan windows muncul

           Masuk ke Device Manager

           Kemudian Pilih Display Adapter

           Klik kanan pada driver VGA yang terpasang kemudian pilih Uninstall

Setelah itu Restart Laptop kalian dan tunggu sampai layar laptop Kembali normal. Terakhir install Kembali driver VGA sesuai dengan kebutuhan windows pada laptop kalian. cara mengatasi layar laptop mati yang satu ini termasuk yang cukup ampuh dalam menyelesaikan permasalahan pada layar laptop.

Ubah pengaturan BIOS ke Deafult

cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala tanpa bongkar yang berikutnya adalah dengan merubah settingan Bios ke Deafult mode. Banyak pengguna laptop yang masih baru merasa kebingungan akibat layar laptop mereka mengalami Black Screen. Mereka tidak bisa mengakses apapun dalam kondisi layar laptop yang mati. Sebenarnya kita masih mempunyai akses masuk kedalam system laptop dan memperbaiki permasalahan yang terjadi dengan masuk ke settingan BIOS dan mengembalikan pengaturan ke Default Mode. Biasanya cara ini cukup berpengaruh dalam mengatasi permasalahan laptop yang mengalami mati layar, tetapi dengan catatan laptop tersebut masih bisa masuk ke dalam system BIOS.

Berikut cara mengembalikan pengaturan Default pada BIOS :

           Nyalakan Laptop kalian

           Kemudian saat Booting tekan tombol F2 atau DELETE

           Kalian kemudian akan masuk ke settingan BIOS

           Buka menu EXIT pada settingan BIOS kemudian Pilih Load Setup Deafaults

           Akan muncul kotak Konfirmasi Pilih YES

           Kemudian Pilih Save Change

           Laptop akan Kembali Restart dan tunggu hasilnya apakah layar laptop kalian Kembali normal atau tidak.

Instal ulang Windows

Apabila cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala tanpa bongkar diatas masih belum berhasil, solusi selanjutnya adalah dengan cara menginstal ulang OS Windows kalian. Menginstal ulang windows pada laptop yang sedang bermasalah merupakan salah satu cara yang terbilang sangat efektif. Dengan menginstal ulang windows, semua file system corrupt yang sebelumnya tidak kita ketahui akan seluruhnya dihapus dan digantikan dengan yang baru. Dalam kasus layar laptop yang mengalami kondisi Black Screen salah satu penyebabnya juga bisa berasal dari file system yang corrupt. Maka dengan menginstal ulang windows akan membuat laptop menjadi normal Kembali. Cara menginstall windows pada laptop pun cukup mudah dan saat ini sudah banyak tutorial-tutorial baik video ataupun artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Kalian bisa ikuti Langkah-langkah install ulang windows dengan cara melihat video tutorialnya di youtube atau pergi ke tempat service laptop terdekat.

Cek dengan menggunakan monitor external

cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala tanpa bongkar yang satu ini dapat dikatakan lebih kepada Analisa apakah kerusakan terjadi pada layar atau pada VGA Card. Caranya cukup mudah kalian bisa ikuti Langkah berikut ini

           Pertama kalian hanya perlu menyiapkan monitor eksternal.

           Kemudian hubungkan laptop ke monitor eksternal menggunakan kabel VGA, DVI atau HDMI.

           Lalu tekan tombol FN + F1 dan F2 , silahkan cek aka nada logo untuk mengganti ke mode layar eksternal.

Akan ada dua kondisi yang dapat diketahui penyebabnya.

1.         Apabila gambar muncul di monitor eksternal, kemungkinan kerusakan terjadi pada layar atau LCD laptop kalian, solusinya adalah ganti LCD tersebut dengan yang baru.

2.         Apabila gambar tidak muncul pada monitor eksternal, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada VGA Card Laptop. Dengan catatan kalian sudah melakukan Langkah-langkah sebelumnya yang sudah kami jelaskan.

Periksa RAM pada Laptop

Jika sebelumnya kita sudah membahas cara mengatasi layar laptop mati tanpa perlu bongkar, maka cara selanjutnya ini kalian harus membongkar terlebih dahulu laptop untuk mengatasi permasalahan. Salah satu penyebab layar laptop mengalami Blank ialah RAM pada laptop mengalami masalah. Ada beragam macam factor yang menyebabkan layar laptop menjadi Blank karena RAM, diantaranya RAM mengalami kerusakan, RAM kotor, atau bisa juga karena pemasangan RAM yang tidak sempurna.

Solusinya adalah kalian bisa melepas RAM pada laptop kalian, kemudian coba bersihkan RAM tersebut dengan kuas yang bersih dan kering atau kalian bisa menggunakan penghapus pensil untuk membersihkan RAM tersebut. Setelah selesai coba pasang RAM tersebut dan pastikan pemasangan RAM sudah benar. Apabila Layar laptop kalian Kembali normal maka kemungkinan RAM tersebut Kotor. Akan tetapi jika layar laptop masih mati, kalian bisa mencoba melepas RAM Kembali kemudian coba ganti RAM tersebut dengan RAM yang lain, jika layar pada laptop Kembali normal maka kemungkinan RAM sebelumnya sudah rusak.

Periksa kabel Fleksibel layar laptop

Perlu diketahui jika kabel Fleksibel pada laptop sangat mudah mengalami kerusakan. Apalagi jika kalian sering sekali membuka tutup layar laptop kalian. Ada dua jenis kabel fleksibel pada laptop yaitu yang langsung menyatu dengan layar dan yang tidak menyatu dengan layar. Apabila kabel fleksibel pada laptop rusak bisa sobek atau putus maka kalian harus menggantinya. Memang terbukti cara mengatasi layar laptop mati yang disebabkan akibat rusaknya kabel fleksibel pada layar cukup sulit dilakukan bagi orang yang belum punya pengalaman. Hal ini dikarenakan kalian harus melepaskan casing layarnya terlebih dahulu secara hati-hati. Kemudian kalian kalian harus melepaskan kabel tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Hal ini tentunya sangat butuh ketelitian dan keahlian yang mumpuni sebab jika sembarangan bukan tidak mungkin permasalahan yang ada malah justru bertambah banyak. Maka saran dari kami, jika kalian belum memiliki pengalaman dan keahlian dibidang tersebut ada baiknya kalian pergi ke service center laptop yang memang sudah memiliki pengalaman yang baik.

Periksa Hardisk Laptop

Memang sekilas seperti tidak ada hubungannya antara hardisk dengan layar, akan tetapi ada beberapa laporan kasus layar Black Screen diakibatkan Hardisk yang bermasalah. Hardisk yang rusak akan menyebabkan laptop tidak bisa booting. Ada juga yang pernah mengalami hardisk rusak tetap bisa booting namun layar pada laptop hitam dan hanya ada kursor saja. Maka ada baiknya kalian juga periksa hardisk pada laptop apabila semua cara mengatasi layar laptop yang error sudah dijalankan. Cara untuk memastikan hardisk cukup mudah kalian hanya tinggal lepas hardisk laptop kalian. Kemudian coba pasang hardisk tersebut dilaptop lain, apabila pada laptop lain berfungsi maka hardisk tersebut dalam kondisi baik, akan tetapi sebaliknya jika laptop lain malah mengalami error maka dipastikan hardisk tersebut rusak atau bermasalah.

Melakukan Hard Reset

Cara terakhir dalam mengatasi laptop Black Screen adalah dengan melakukan Hard Reset pada laptop kalian. Ada beberapa Langkah yang bisa kalian ikuti, berikut adalah Langkah-langkahnya.

1.         Pertama matikan terlebih dahulu laptop kalian

2.         Kedua lepas baterai laptop kalian

3.         Ketiga cabut juga perangkat seperti keyboard dan mouse

4.         Keempat coba untuk diamkan laptop selama satu sampai tiga menit.

5.         Kelima tekan tombol power selama 60 detik

6.         Keenam pasang Kembali baterai dan perangkat lain yang sebelumnya dilepas kemudian cas laptop tersebut.

7.         Ketujuh nyalakan laptop kalian lalu tunggu sampai layar Kembali normal.

Selain dari beberapa factor yang sudah kami sampaikan sebelumnya ada satu factor lagi yang bisa mempengaruhi kerusakan pada laptop, yaitu perawatan pengguna. Sebagai pengguna tentunya kita harus selalu menjaga agar laptop yang kita miliki selalu dalam keadaan normal. Namun tidak sedikit dari pengguna yang lalai terhadap hal dasar seperti ini. Berikutnya kami akan memberikan tips supaya laptop kalian bisa awet dan tidak cepat rusak

Tips Agar Laptop Awet

           Sering bersihkan Laptop secara berkala

           Nyalakan laptop sesuai kebutuhan

           Jangan menaruh benda berat pada laptop

           Jangan sering menyalakan dan mematikan laptop

           Jangan gunakan laptop sampai baterai kosong

           Jangan sering cas laptop dalam keadaan baterai penuh.

Pada dasarnya semuanya Kembali lagi kepada pengguna, apabila kita lebih peduli lagi kepada perangkat yang kita miliki. Bukan hal yang tidak mungkin laptop akan bertahan lama dan awet apabila kita merawatnya dengan baik. Namun tidak dipungkiri juga setiap perangkat pasti memiliki kekurangannya masing-masing termasuk laptop. Semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca semua.

Posting Komentar