Cara Mengembalikan Wireless Network Connection yang Hilang di Windows 10

 

Kalian pasti pernah mengalami wireless network connection hilang pada windows 10. Memang salah satu kendala yang paling sering terjadi dan dialami bagi pengguna laptop windows 10 adalah icon wireless network connection hilang secara tiba-tiba, padahal sebelumnya sudah pernah digunakan. Masalah tersebut memang sering sekali terjadi secara mendadak tanpa kita sadari penyebabnya. Hal ini memang terbilang menjengkelkan secara tiba-tiba tidak ada wireless network connection di windows 10 padahal kita sedang butuh akses internet, terutama bagi kalian yang sedang memiliki tugas ataupun pekerjaan yang membutuhkan wifi untuk segera diselesaikan. Icon wifi sendiri terdapat pada bagian sebelah kanan bawah taskbar dan bedampingan dengan icon volume. Nah sebenarnya apa yang terjadi? Mengapa bisa demikian?

dikesmpatan kali ini kami akan membagikan tutorial bagaimana cara mengembalikan wireless network connection yang hilang windows 10. terutama bagi kalian yang baru melakukan update windows 10 kemudian tiba tiba wifi kalian hilang. Simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Wifi dan Wireless

Sebelum membahas cara mengembalikan wireless network connection yang hilang windows 10 ada baiknya kita tahu terlebih dahulu mengenai pengertian WIFI dan Wireless. Tujuannya agar kalian bisa lebih paham saat mulai memperbaiki masalah wireless network connection hilang pada windows 10. Banyak yang menganggap jika istilah Wifi dan Wireless merupakan sinonim yang sama, padahal keduanya berbeda. ada perbedaan dalam cara mengakses internet dari kedua istilah tersebut. Persamaannya hanya keduanya sama sama menggunakan frekuensi radio, akan tetapi ada beberapa jaringan wireless dalam berbagai teknologi, contohnya LTE dan Bluetooth.

sementara Wi-Fi hanya dikhususkan sebagai protokol wireless yang sudah ditetapkan dalam spesifikasi 802.11 serta amandemennya oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE). Jaringan Wireless memang menjadi solusi yang paling popular untuk jaringan telekomunikasi, bisnis maupun rumahan. Ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapat dari jaringan wireless salah satunya adalah untuk mengakses jaringan kalian dilokasi mana pun yang penting masih dalam arean yang terjangkau jaringan wireless. Wireless network juga memiliki jenis-jenis jaringan salah satu yang paling umum dikenal adalah LAN. LAN atau Local area Network merupakan jaringan computer yang berada di suatu tempat, seperti kantor, Gedung dan lainya. LAN sering digunakan juga sebagai penghubung seperti computer, dan printer. Wifi merupakan salah satu dari jenis wireless LAN.

Cara Memunculkan Wireless Network Connection Di Windows 10

Banyak dijumpai pengguna laptop khususnya Windows 10, menginformasikan jika laptop mereka secara mendadak tidak berhasil terhubung ke Internet, baik melalui jaringan wireless atau WiFi. Saat mereka mengecek koneksi jaringan pada taksbar bawah desktop, mereka menemukan jika network adapter hilang windows 10. Apabila kalian menjumpai masalah serupa, maka tindakan yang harus kalian lakukan adalah mengatasi masalah tersebut dimulai dari yang paling sederhana terlebih dahulu. Sebagai contoh apabila icon wireless network connection hilang kalian bisa memeriksa di pengaturan Taksbar, atau network adapter hilang windows 10 ini disebabkan akibat driver Wifi yang sudah crash atau bahkan lupa menginstal. Terkadang sumber permasalahan tersebut adalah hal yang sepele. Akan tetapi jika dibiarkan, tentunya akan menjadi masalah yang bisa mengganggu aktifitas kerja kalian, apalagi jika kalian bekerja pada situasi yang mengharuskan adanya jaringan internet.

kalian yang baru melakukan update windows 10 juga sering kali menjumpai masalah yang sama yaitu mendadak tidak ada wireless network connection di windows 10 padahal sebelum update tidak terjadi masalah apa-apa. Hal yang mungkin disebabkan karena seiring perkembangan system yang sudah diperbaharui windows pada sector setingan ataupun Teknik lainnya.

Kami akan memberikan beberapa cara memunculkan wireless network connection di windows 10 dan Langkah dalam mengatsi wireless network connection hilang pada windows 10 yang bisa kalian gunakan, berikut adalah ulasannya.

1.    Periksa settingan Taskbar pada Laptop

Cara mengatasi network adapter hilang windows 10 yang pertama adalah dengan cara memeriksa pengaturan pada taskbar kalian sebelum melakukan hal lain. umumnya icon WiFi terdapat pada bagian pojok bawah sebelah kanan Taskbar. Namun jika settingan pada icon WiFi dimatikan maka icon wireless network connection hilang. Berikut adalah Langkah langkahnya :

1.      Klik kanan pada Taskbar klik pada area yang kosong

2.      Lalu klik menu Taskbar settings

3.      Kemudian Klik pada menu Turn system icons on or off

4.      Pilih Turn on icon Network

 

2.    Restart Koneksi Jaringan

Cara kedua kalian bisa restart koneksi jaringan pada laptop. Tidak jarang, icon wireless network connection hilang secara tiba-tiba tanpa sebab yang pasti. Hal ini kerap membuat kita sulit untuk mengakses beberapa fitur network dan terhubung ke internet. Berikut adalah langkas langkahnya :

  • Klik kanan pada icon Start
  • Pilih “Run
  • Atau bisa juga dengan menekan tobol Windows + huruf R di keyboard laptop atau computer kalian
  • Setelah muncul jendela run ketik services.ms kemudian Enter.
  • Ketika muncul jendela service maka akan terlihat daftar service yang tersedia.
  • Cari Network Connection.
  • Kemudian Klik kanan pada menu Network Connection.
  • Lalu klik pilihan Start.
  • Pada proses ini Network Connection akan secara otomatis restart ulang oleh sistem.
  • Tunggu samapai proses selesai.
  • Kemudian cek apakah icon wireless network connection hilang sudah muncul kembali atau belum.

Biasanya cara yang satu ini bisa berhasil apabila penyebab dari icon wireless network connection hilang berkaitan dengan koneksi jaringan.

 

3.    Periksa Daftar Hidden Icons

Pada menu taskbar system icon terbagi menjadi dua jenis, yang pertama ditampilkan dibagian luar, kedua masuk ke daftar area hidden icon atau Tray Icon Area. Bisa jadi permasalahan network adapter hilang windows 10 ini disebabkan karena masuk ke bagian daftar hidden area. Untuk mengetahui masuk tidaknya ke dalam daftar hidden area kalian bisa coba klik tanda panah atas pada taskbar lihat apakah icon wifi ada disana atau tidak. Jika icon wifi ada disana maka ikuti Langkah berikut ini :

  • Klik kanan pada Taskbar klik pada area yang kosong
  • Kemudian klik Taskbar settings
  • Lalu Klik pada menu Select which icons appear on the taskbar
  • Pilih Turn on icon Network


4.    Mulai Ulang Windows Explorer

Cara berikutnya yang bisa kalian coba adalah dengan merestart windows explorer.  Bisa jadi windows explorer pada laptop kalian sedang mengalami masalah yang menyebabkan wireless network connection hilang dari tampilan Taskbar. Kalian bisa mengikuti Langkah berikut ini dalam menyelesaikan masalah tersebut.

·         Klik kanan pada Taskbar

·         Kemudia Pilih Task Manager

·         Lalu Klik pada tab Processes

·         Caru program Windows Explorer

·         Terakhir Klik kanan Windows Explorer kemudian pilih Restart

 

5.    Memeriksa Driver WLAN

Cara memunculkan wireless network connection di windows 10 yang selanjutnya adalah dengan memeriksa driver WLAN. Namun sebelumnya apabila WLAN tidak muncul pada settingan desktop dan Network and Internet, coba cek terlebih dahulu perangkat network pada device manager. Untuk memastikan driver network memiliki tanda seru atau tidak, jika memiliki tanda seru coba Uninstall driver tersebut. Berikut adalah langkah langkahnya :  

·         Klik kanan My Computer,

·         Kemudian pilih Manage,

·         klik Device manager.

·         Klik Network Adapters

·         Cari dan temukan perangkat Network yang bertanda seru.

·         Lalu Klik kanan dan pilih Uninstall Devices.

·         Kemudian pilih Delete this device After uninstalling,

·         Terakhir Restart ulang Laptop.

Biasanya driver jaringan akan kembali diinstal secara otomatis setelah laptop selesai restart. Kalian bisa langsung mengeceknya, apakah jaringan WIFI sudah bisa digunakan atau tidak.

 

6.    Network adapter WiFi harus dalam keadaan aktif

Biasanya network adapter hilang windows 10 bisa terjadi karena adanya aktivitas dari antivirus atau pun program lainnya yang sedang berjalan pada tingkatan administrator dan kita tidak menyadari itu. Pada versi windows 10 icon WiFi pada taskbar akan berbentuk Globe bukan icon wifi seperti biasanya. Solusinya adalah kalian harus menghidupkan adapter WiFi tersebut secara manual. Berikut adalah Langkah langkahnya.

1.      Pergi ke menu Control Panel

2.      Kemudian Pilih menu Network and Sharing Center

3.      Klik pada opsi Change adapter settings

4.      Lalu Klik kanan pada adapter WiFi

5.      Terakhir Pilih Enable

 

7.    Instal ulang Driver Wifi

Salah satu penyebab tidak ada wireless network connection di windows 10 adalah driver wifi terhapus atau korup. Perlu diketahui agar Wifi bisa berfungsi dengan baik, maka driver pun harus dalam keadaan normal. Untuk mengatasi hal tersebut Kalian bisa install ulang driver wifi yang korup lalu kemudian menginstalnya Kembali. Adapun Langkah-langkahnya sebagai berikut :

·         Pertama buka menu RUN Pada laptop kalian, bisa dengan Klik kanan pada start kemudian pilih RUN atau bisa juga menekan tombol Windows + R

·         Lalu ketik devmgmt.msc lalu klik OK

·         Kemudian akan muncul tampilan Device Manager

·         Klik expand pada perangkat Network adapter

·         Cari dan temukan driver wifi kalian

·         Apabila sudah ditemukan klik kanan pada driver wifi

·         Lalu pilih Uninstall device

·         Setelah proses selesai Restart computer

Untuk  cara mengembalikan wireless network connection yang hilang windows 10 yang satu ini terbilang ampuh. Kalian bisa cek Kembali apakah icon wifi pada laptop kalian sudah muncul atau belum.

 

8.    Gunakan Wifi Troubleshooter

Pada windows 10 terdapat satu fitur untuk menjalankan Troubleshooter Wi-Fi. Cara ini juga cukup efektif untuk mengidentifikasi penyebab tidak ada wireless network connection di windows 10. Kalian bisa ikuti cara berikut ini.

·         Klik menu Start

·         Kemudian pilih Setting

·         Klik menu Network & Internet

·         Klik menu Network Troubleshooter

·         Pilih Wi-Fi

·         Lalu klik tombol Next

·         Kemudian tunggu hingga proses troubleshooting selesai.

Setelah selesai proses troubleshooting, kalian akan diperlihatkan mengenai sumber masalah yang berhasil dideteksi, serta diberikan solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut. Selanjutnya kalian bisa mencoba melakukan apa yang sudah direkomendasikan dari hasil scan troubleshooting tersebut.

 

9.    Lakukan Scan dengan CMD

Jika langkah-langkah diatas masih belum berhasil mengatasai penyebab dari tidak ada wireless network connection di windows 10, maka kalian bisa mencoba langkah scan menggunakan CMD atau Command Prompt. Metode scan CMD bertujuan untuk memperbaiki kemungkinan terdapat file sistem yang korup.

Adapun langkah langkahnya sebagai berikut :

·         Klik kanan pada menu start lalu pilih RUN

·         Atau Kalian juga bisa tekan tombol windows + R

·         Kemudian ketik cmd  lalu ENTER pada tampilan RUN

·         Setelah tampilan Command Prompt muncul ketik sfc/scannow kemudian ENTER

·         Tunggu hingga proses scan selesai

Apabila terdapat file sistem wifi yang korup maka secara otomatis akan diperbaiki.

Akan tetapi apabila file sistem tersebut tidak dapat diperbaiki, biasanya CMD akan memberikan solusi apa yang harus dilakukan selanjutnya.

 

10.         Perbaiki sistem yang korup

Cara mengembalikan wireless network connection yang hilang windows 10 yang selanjutnya masih berkaitan dengan cara sebelumnya. Apabila pada proses scan CMD tidak berhasih mengatasi masalah WIFI, selanjutnya kalian bisa mengecek file pada bagian CBS.log kemudian lihat apa yang menjadi sumber masalah.  Untuk memeriksa CBS.log kalian bisa ikuti langkah berikut ini.

·         Buka direktori C pada pc atau laptop kalian

·         Kemudian pilih file widows>>Logs>>CBS lalu buka CBS.log

·         Cari dan temukan informasi yang eror, biasanya diawali dengan ’cannot repair’’ atau ‘’error’’, informasi eror tersebutlah yang menyebabkan sumber masalah pada Wifi kalian.

Apabila sudah ditemukan untuk mempermudah penyelesaian masalah kalian bisa copy pesan atau informasi tersebut kemudian cari menggunakan Google untuk menyelesaikannya.

 

11.         Periksa pada pengaturan Group Policy

Kalian juga bisa mencoba cara memunculkan wireless network connection di windows 10 dengan periksa pengaturan di Group Policy. Group Policy memiliki settingan terhadap Icon yang ada pada taskbar. salah satunya adalah menghilangkan icon tersebut dari taskbar laptop kalian. Maka pastikanlah bahwa settingan untuk menghilangkan icon taskbar tersebut dalam keadaan mati. Apabila pengaturan tersebut hidup maka kalian harus matikan dengan cara manual. Berikut adalah langkah langkahnya.

·         Masuk ke menu RUN

·         Jika ingin cepat kalian tinggal menekan tombol windows + R

·         Kemudian ketikan gpedit.msc

·         Lalu klik OK

·         Masuk pada folder User Confguration/Administrative Templates/Start Menu And Taksbar

·         Cari menu Remove the networking icon kemudian klik dua kali

·         Pilih Disabled kemudian OK

·         Terakhir Restart computer atau laptop kalian.

 

12.         Reset Laptop atau PC

Langkah ini bisa disebut sebagai langkah terakhir jika semua cara mengembalikan wireless network connection yang hilang windows 10 diatas tidak berhsill. Metode ini secara singkat sama seperti Reset Pabrik pada smartphone. Adapun cara Reset Laptop sebagai berikut :

·         Klik start lalu buka menu Pengaturan

·         Pilih menu Update & Security

·         Klik menu Recovery

·         Pada bagian Reset This PC klik Get Started

·         Kemudian Pilih Keep my files

·         Klik Next

·         Lalu klik Reset

Tunggu sampai proses Reset PC selesai. Perlu diketahui jika kalian melakukan Reset PC data data kalian tidak akan hilang jika sebelumnya kalian memilih opsi Keep my files. Yang akan terhapus adalah program selain program bawaan, untuk data yang tersimpan di direktori C juga tidak akan terhapus. Setelah proses Reset PC selesai maka tampilan laptop kalian akan seperti baru di install ulang. Kalian bisa cek icon wifi laptop sudah muncul Kembali.

Terkadang sebagai pengguna laptop kita sering menyepelekan suatu masalah, salah satunya adalah icon wireless network connection hilang. Entah seberapa besar atau kecilnya masalah yang ditemui tersebut, ada baiknya kita segera  selesaikan masalah tersebut. Tujuannya agar aktivitas atau kegiatan kita baik itu bekerja ataupun yang lain tidak terhambat. Adapun cara apabila semua hal yang sudah kami sebutkan tetap tidak berhasil yaitu dengan menginstal ulang Komputer atau Laptop kalian. Itulah beberapa cara memunculkan wireless network connection di windows 10  yang hilang. Semoga informasi yang kami sajikan melalui artikel ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar