Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat Dicas

 

Kita semua tahu dengan menggunakan laptop pekerjaan ataupun tugas membuatnya lebih praktis karena perangkat tersebut portabel atau dapat dibawa ke mana saja. maka baterai harus menjadi sumber daya utama pada laptop. Namun apabila baterai laptop berhenti charge secara tiba-tiba, akan Jadi cukup masalah yang mengganggu kegiatan kita.

Baterai laptop adalah bagian penting dari perangkat tersebut. Kinerjanya akan memburuk selama bertahun-tahun jika sering digunakan dan ditangani dengan tidak benar. Akibatnya laptop tidak bisa mengisi daya. Masalah terkait pengisian daya biasanya disebabkan oleh adaptor AC yang rusak, stopkontak yang rusak atau bahkan baterai laptop tersebut yang rusak. Biasanya Masalah ini sering terjadi pada laptop yang sudah tua.

Umumnya baterai laptop dapat bertahan tiga hingga lima tahun dengan penggunaan perangkat secara normal. Jika anda mengalami permasalahan baterai laptop berhenti charge sebelum dari waktu tersebut, kemungkinan ada beberapa fakor yang bisa menyebabkannya antara lain, sering mengisi daya atau charge ketika baterai masih penuh, kemudian bisa juga diakbatkan karena sering memakai laptop sampai baterai habis total dan membiarkannya lama tidak di charge. hal ini bisa menyebabkan umur baterai tidak akan bertahan lama.

Sayangnya sekalipun kita telah mengetahui beberapa hal tersebut, Terkadang kerusakan tetap tidak bisa dihindari. Maka untuk mengantisipasi masalah tersebut kita terlebih dahulu harus tahu mengapa laptop tidak bisa di charge saat mati dan bagaimana cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi. Pada artikel kali ini kami akan membahas seputar permasalahan tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Beberapa Faktor yang Bisa Menyebabkan laptop tidak bisa di charge saat mati

Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi daya ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui factor apa saja yang bisa menjadi penyebab permasalah tersebut. Beberikut ini adalah beberapa factor yang paling sering menjadi penyebab utama baterai laptop berhenti charge atau baterai selalu 0 metipun sedang diisi daya. Diantaranya adalah :

1.      Adaptor daya laptop bermasalah

2.      Power regulator motherboard bermasalah

3.      Kabel charger rusak

4.      Baterai laptop rusak

5.      Driver baterai bermasalah

6.      Laptop Overheat

Baterai merupakan bagian dari nyawa laptop, jadi jika terjadi masalah pada baterai tersebut maka laptop tidak bisa bekerja dengan sempurna atau bahkan tidak bisa menyala. Hal ini tentunya sangat mengganggu bagi orang-orang yang memang sangat tergantung kepada laptop dalam melaksanakan dan menyelesaikan berbagai aktivitasnya.

Tips dan cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi daya

Periksa Charger Laptop

Jika baterai laptop tidak bisa di charge saat mati maka Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memeriksa semua bagian charger laptop kalian. Perhatikanlah kondisi kabel charger apakah terdapat yang kusut, longgar, atau terbuka. Pastikan kondisi kabel charger tertutup rapat dan tidak sobek atau terbuka. Kemudian periksa juga jack yang terhubung ke laptop tidak longgar. Jika sambungan atau koneksi tersebut longgar kemungkinan pin yang terdapat didalam jack bengkok. ada juga kemungkinan Seluruh konektor mungkin telah lepas dari motherboard.

tapi perlu diingat Pin bengkok dan masalah koneksi daya lainnya bergantung pada model laptop. kalian bisa cek di internet mengenai cara perbaiakannya. tetapi biasanya kalian tetap membutuhkan jack yang baru kemudian menyoldernya. apabila kalian tidak memiliki pengalaman dalam permasalahan perbaikan disarankan untuk membawanya ke tempat service center

Solusinya adalah jika sudah dipastikan charger laptop tersebut bermasalah atau rusak, coba gunakan charger baru dan periksa apakah laptop sudah bisa di isi daya atau tidak.

Periksa lampu indicator baterai charge

Permasalaha pada baterai laptop memang sering sekali membuat kita sebagai pengguna jengkel, terlebih jika laptop kita tidak bisa di charge dan baterai laptop drop sampai 0. Nah untuk memudahkan kalian mengatasi masalah tersebut ada cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge yang bisa kalian coba, yaitu dengan memeriksa terlebih dahulu lampu indicator beterai charge pada laptop kalian.

Saat ini Rata-rata produk laptop sudah dilengkapi oleh lampu indicator saat proses pengisian daya baterai. Fungsinya sebagai penanda untuk memastikan proses pengisian daya. Jadi apabila lampu indikator tersebut menyala, itu berarti menandakan jika proses charging berjalan normal. Namun sebaliknya jika lampu indicator tersebut tidak menyala maka ada hal yang bermasalah.

Selain lampu indokator charge windows, Linux dan MacOS juga memiliki notifikasi ketika proses pengisian daya sedang berlangsung. Notifikasi tersebut umumnya berupa pesan Battery % charging, AC mode, Plugged in dan Power mode pada saat kondisi charging berjalan normal.

Sebaliknya ketika baterai laptop berhenti charge dan tidak bisa diisi daya, maka notifikasi charging tidak akan tampil. Ditambah indicator charger juga tidak menyala. Biasanya notifikasi pada sistem operasi hanya menunjukan tanda 0 % available.

Periksa Kesehatan Baterai Laptop

Dalam system operasi windows sediri tersedia fitur untuk memeriksa Kesehatan baterai Laptop.  Lewat fitur tersebut kalian bisa mendapatkan informasi mengenai spesifikasi baterai. Adapun informasi tersebut diantaranya nomor seri baterai, manufaktur baterai, Riwayat penggunaan baterai, kapasitas baterai, Kesehatan baterai dan sebagainya.

Untuk menggunakan fitur tersebut tidak begitu sulit. Berikut adalah Langkah-langkah yang bisa kalian ikuti :

·         Klik kanan pada menu start

·         Pilih RUN (Windows+R)

·         Kemudian Ketikan CMD lalu ENTER atau Klik OK

·         Setelah masuk pada tampilan Command Prompt, ketik perintah powercfg/batteryreport

·         Kemudian ENTER

·         Maka hasil laporan powercfg/batteryreport akan tersimpan pada direktori C:\windows\system32 dengan nama batteryreport.html

Kalian bisa buka dan pahami informasi yang tertera didalamnya. Informasi tersebut bisa sebagai pertimbangan dan rujukan cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge yang sedang dialami.

Coba Dinginkan Laptop

Berikutnya adalah cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge yang bisa dibilang paling simple. Mengapa demikian? Berikut adalah penjelasannya.

Jika pemakaian laptop kalian terlalu lama dalam sehari atau bisa dikatakan laptop kalian menyala terus sepanjang hari tanpa adanya istirahat, maka kemungkinan laptop kalian mengalami Ovrheating yang dapat berpengaruh kepada kondisi Kesehatan baterai.

Perlu diketahui baterai laptop merupakan salah satu bagian yang sangat rentan terhadap suhu panas dan bisa sangat mempengaruhi fungsi dari sensor laptop itu sendiri. Suhu atau temperature yang sangat panas bisa menyebabkan sensor laptop eror dan membaca baterai sudah terisi penuh sehingga menjadi masalah ketika pengisian daya.

Solusinya adalah istirahatkan laptop kalian terlebih dahulu, matikan laptop beberapa saat sampai temperature laptop dingin. Perhatikan juga cooling pada laptop bersih serta tidak berdebu agar dapat bekerja dengan baik. Ditambah lebih efisien waktu dalam pemakaian laptop.

Hindari membuka banyak Aplikasi

cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge yang bisa kalian coba selanjutnya adalah dengan menghindari membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Ketika kalian membuka dan menggunakan banyak aplikasi bersamaan, laptop akan menjadi cepat panas. Hal tersebut menyebabkan laptop kalian tidak bisa mengisi daya dengan sempurna, mengapa? Karena Sebagian daya akan dipakai oleh kipas untuk mendinginkan laptop.

Solusinya adalah kalian bisa melihat aplikasi apa saja yang membuat laptop bekerja lebih keras kemudian menutupnya. Kalian bisa periksa aplikasi tersebut dengan membuka Taks Manager. Berikut adalah Langkah – langkahnya :

·         Tekan CTRL+SHIFT+ESC

·         Setelah masuk ke Taks Manager, kalian bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada menu Processes.

·         Kalian bisa Scrol ke kanan untuk melihat Penggunaan daya setiap aplikasi pada ”Power Usage”

·         Untuk menutup aplikasi kalian tinggal klik kanan, kemudian pilih End Taks atau End Process.

Update Driver Baterai

Tips yang satu ini juga bisa kalian jadikan rujukan sebagai cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge yang sedang kalian alami. Ada beberapa kasus yang berhasil teratasi lewat metode yang satu ini. Dalam hal ini lebih di khususkan bagi kalian pengguna Windows 10. Caranya adalah :

·         Buka Device Manager

·         Kemudian pilih Batteries

·         Pada opsi Batteries, terdapat dua pilihan yaitu Charger dan Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery

·         Klik kanan pada kedua opsi tersebut

·         Lalu pilih Properties

·         Kemudian klik driver

·         Dan terakhir pilih Update Driver

Setelah selesai restart laptop kalian, kemudian cobalah untuk charger atau isi daya laptop.

Instal ulang driver

Salah satu factor ringan yang dapat menyebabkan laptop tidak bisa di charge saat mati adalah driver baterai error dikarenakan siklus dari pengisian baterai yang tidak tepat. Sama seperti perangkat hardware lainnya pada laptop, baterai juga perlu memiliki driver tujuannya agar bisa dikenali oleh system serta laptop bisa bekerja normal. Jika driver tersebut error bisa menyebabkan baterai laptop berhenti charge. Driver baterai laptop biasanya sudah terinstal secara default pada system windows. Ketika mengalami permasalahan driver error kalian bisa mengatasinya dengan uninstall driver tersebut. Langkah langkahnya sebagai berikut:

·         Pertama tekan tombol Windows + X

·         Kemudian pilih Device Manager

·         Buka Opsi Batteries

·         Akan ada dua pilihan yaitu Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery dan Microsoft AC Adapter

·         Uninstall kedua pilihan tersebut, dengan cara klik kanan pilih uninstall device

·         Jika ada pilihan konfirmasi, pilih YES

Setelah selesai restart laptop kalian dan windows akan otomatis menginstall ulang driver tersebut.

Ganti Baterai Laptop

Salah satu penyebab utama yang paling umum jika laptop tidak bisa di charge saat mati adalah kerusakan pada baterei. Umumnya umur baterai laptop pun akan berkurang seiring dengan penggunaan laptop itu sendiri. Kondisi tersebut biasa disebut dengan baterai aus atau soak, dimana baterai sebenarnya masih berfungsi normal akan tetapi tidak mampu bertahan lama. Akibatnya baterai harus terus di charge atau di isi daya saat pemakaian.  Usia baterai juga bisa dipengaruhi dari pemakaian laptop yang tidak wajar.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan cara mengganti baterai baru. Perlu diingat baterai yang diganti harus sama dengan laptop yang digunakan. Saat ini baterai laptop memiliki dua tipe yaitu removable dan non removable atau biasa disebut juga baterai tanam dan tidak tanam. Jika laptop kalian menggunakan baterai removable, maka kalian bisa dengan mudah melepas dan memasang baterai tersebut dengan yang baru.

Akan tetapi jika laptop kalian menggunakan baterai non removable atau tanam, kalian butuh keahlian khusus untuk melepas dan memasang baterai tersebut karena terbilang sulit. Maka kalian harus membawa laptop tersebut ke service center terpercaya untuk menangani permasalahan tersebut.

Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya, permasalahan baterai laptop tidak bisa mengisi daya atau tidak bisa di charge berbeda-beda tergantung merek atau brand laptop tersebut. Disini kami akan memberikan contoh cara mengatasi cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi model asus dan bagaimana mengatasi masalah laptop acer tidak bisa di charge baterai tanam, berikut Langkah-langkahnya.

Cara mangatasi baterai laptop asus tidak mengisi daya

Pertama cek koneksi dan kondisi baterai serta adaptor AC

Agar terhindar masalah kompatibilitas gunakanlah adaptor asli dari ASUS. dikarenakan spesifikasi berbeda-beda maka disarankan jangan memakai adaptor sama untuk model yang berbeda. cek apakah koneksi adaptor AC longgar atau kalian bisa mencoba menghubungkan ke stop kontak lain.

Silakan periksa apakah kabel atau adaptor rusak. Jika terjadi kerusakan silahkan hubungi pusat layanan ASUS untuk informasi lebih lanjut. Setelah memeriksa gejala di atas coba cabut dan sambungkan steker/soket kabel daya ke colokan/Jack AC. Jika baterai laptop dapat dilepas coba pasang kembali.

Dengan asumsi laptop / baterai tidak dapat diisi karena sudah lama disimpan dan tidak pernah digunakan. maka disarankan kalian untuk mengisi daya baterai semalaman dengan arus yang lebih rendah. cara yang pertama ini mungkin dapat membantu untuk menyelesaikan masalah baterai laptop asus tidak mengisi daya.

Namun Jika masalah masih belum terselesaikan setelah melakukan instruksi diatas, maka langkah berikutnya.

EC Reset

Cara baterai laptop asus tidak mengisi daya yang berikutnya adalah dengan melakukan EC Reset. Berikut adalah Langkah-langkahnya :

·         lepaskan semua bagian periferal eksternal pada laptop, antara lain hard drive eksternal, printer, kartu memori, ODD eksternal (jika menggunakan), dongle, dll.

·         Matikan laptop serta lepaskan adaptor.

·         Untuk series asus TP420IA dan UX425IA tidak perlu melepaskan adaptor AC karena series tersebut harus menghubungkan adaptor AC untuk proses Hard reset.

·         Apabila baterai laptop bukan baterai tanam, harap dilepaskan juga

·         Tekan kemudian tahan Tombol Daya selama kurang lebih 40 detik untuk menjalankan Proses reset EC

Pasang baterai dan adaptor AC Kembali, lalu nyalakan laptop dan periksa apakah masalah tersebut sudah teratasi atau belum

Reset Settingan BIOS

Solusi ketiga Cara baterai laptop asus tidak mengisi daya dengan mereset pengaturan BIOS pada laptop. Jika pada cara sebelumnya belum berhasil kalian bisa mencoba dengan cara berikut ini :

·         Pertama kalian terlebih dahulu masuk ke pengaturan BIOS, caranya nyalakan terlebih dahulu laptop ASUS kalian, kemudian tekan F2 jangan dilepas sampai masuk ke pengaturan BIOS. Ada dua Mode dalam mereset BIOS pada laptop ASUS yang pertama dengan Mode UEFI dan Mode Legacy.

·         Untuk Mode UEFI :

·         Begitu sudah masuk kedalam Pengaturan BIOS tekan Hotkeys (F9) atau kalian bisa klik Default.

·         Selanjutnya kalian akan diberikan pilihan konfirmasi untuk memuat default BIOS yang akan dioptimalkan, kalian pilih OK.

·         Kemudian tekan F10 atau Klik menu Save & Exit

·         Kalian akan ditampilkan Kembali pilihan konfirmasi untuk menyimpan serta keluar konfigurasi BIOS, kalian bisa klik OK atau tekan Enter.

·         Setelah selasai laptop akan Restart untuk mereset BIOS

Untuk Mode Legacy :

·         Yang pertama kalian tekan (F9) pada pengaturan BIOS

·         Kemudian Pilih YES atau tekan Enter ketikan diberi pilihan Konfirmasi

·         Lalu tekan (F10)

·         Dan kalian akan ditampilkan pilihan konfirmasi untuk menyimpan dan keluar konfigurasi BIOS, kalian pilih YES atau tekan Enter.

·         Kemudian BIOS akan Otomatis direset bersamaan dengan laptop tersebut Restart.

Install Ulang Driver Baterai

Apabila semua cara mengatasi baterai laptop asus tidak mengisi daya diatas belum berhasil, maka kalian dapat mencoba untuk menginstall ulang Driver baterai laptop ASUS kalian. Cara terbilang cukup mudah, kalian bisa ikuti Langkah berikut ini :

·         Ketik Device Manager pada menu Start laptop ASUS kalian

·         Setelah muncul tampilan Device Manager klik Batteries

·         Maka akan muncul dua kategori yaitu Microsoft AC Adapter dan Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery

·         Kemudian Klik Kanan pada Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery untuk uninstall baterai

·         Lalu pilih Uninstall Device

·         Pada pilihan konfirmasi Uninstall Device pilih Uninstall

·         Kemudian selanjutnya kalian uninstall driver adaptor AC

·         Klik kanan pada kategori Microsoft AC Adapter, pilih Uninstall Device

·         Konfirmasi Uninstall Device, Klik Uninstall.

·         Setelah kedua driver terhapus kalian restart laptop dan driver akan otomatis terinstall Kembali.

Cara Mengatasi Laptop Acer Tidak Bisa Di Charger Baterai Tanam

Pemakaian baterai tanam pada laptop merupakan bagian dari suatu inovasi dalam bidang teknologi saat ini. Seiring berkembangnya teknologi, para perusahaan teknologi saling berlomba dalam menciptakan suatu inovasi teknologi terbaru, termasuk pada laptop. Namun bukan tidak berarti setiap inovasi tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari inovasi baterai tanam ialah saat baterai tersebut mengalami masalah, para pengguna tidak bisa dengan mudah mencabut atau melepas baterai seperti pada laptop biasa untuk melakukan hard reset.

Menanggapi hal tersebut para produsen laptop sudah menyediakan opsi pengaturan ulang paksa atau biasa disebut force reset pada laptop yang dirilis memakai baterai tanam. Force reset merupakan salah satu Teknik reset pada laptop yang berfungsi agar membersihkan memori dan menormalkan koneksi bios dengan perangkat keras laptop. Kalian tidak perlu khawatir mengenai data-data yang ada dilaptop kalian, karena meskipun menggunakan force reset data yang terdapat pada laptop tidak akan hilang atau terhapus. Force reset juga merupakan salah satu cara mengatasi laptop acer tidak bisa di charge baterai tanam yang bisa kalian coba.

Cara Reset Laptop Acer Tidak Bisa Di Charger Baterai Tanam

Pertama, Lepaskan terlebih dahulu charger dari sumber listrik

Kedua, cari dan temukan lubang battery reset pada laptop, biasanya berada dibagian bawah laptop acer

Ketiga, masukan klip kecil ke lubang battery reset tersebut

Keempat, tekan tombol reset selama 4 detik

Kelima, istirahatkan laptop selama 5 menit jangan dinyalakan dan dihubungkan ke sumber daya atau listrik

Keenam, setelah 5 menit di matikan, hubungkan laptop dengan charger dan sumber listrik, kemudian nyalakan laptop.

Kalian bisa cek apakah laptop acer kalian masih mengalami permasalahan atau tidak. Biasanya cara memperbaiki laptop acer tidak bisa di charge baterai tanam yang satu ini cukup ampuh, dengan catatan baterai laptop tersebut masih dalam kondisi baik. jika baterai laptop diketahui sudah rusak, solusi yang paling tepat ialah dengan mengganti baterai dengan yang baru. Tentunya jika kalian tidak memiliki keahlian dalam mengganti baterai tanam pergilah ke service center yang terpercaya.

Tips Agar Baterai Laptop Bisa Awet

Seperti kita ketahui baterai laptop merupakan salah satu komponen yang sangat rentan dan sensitive untuk mengalami kerusakan. Untuk menghindari hal tersebut berikut beberapa tips agar baterai laptop kalian bisa awet :

·         Charge laptop sebelum laptop mati

·         Jangan charge laptop terus menerus pada kondisi beterai penuh

·         Jauhkan laptop dari suhu panas

·         Aktifkan mode penghemat daya

·         Turunkan kecerahan layar

Itulah beberapa informasi seputar cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi saat di cas dan tips agar baterai laptop bisa awet. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar